Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

4 Teknologi Canggih yang Digunakan Arab Saudi dalam Musim Haji 2024


Moslemtoday.com : Arab Saudi menggunakan berbagai teknologi canggih selama haji 2024. Arab Saudi menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan manajemen lalu lintas dan mengurangi kemacetan di Makkah selama musim haji tahunan, yang pada akhirnya memberikan pengalaman ziarah yang lebih aman dan lancar. 

Setelah menampung 1.845.045 jamaah pada musim 2023, menurut Otoritas Umum Statistik Arab Saudi, langkah-langkah pengendalian lalu lintas yang efisien menjadi lebih penting dari sebelumnya. 

Berikut 4 Teknologi Canggih yang Digunakan Arab Saudi dalam Haji 2024 :

1. Memaksimalkan AI

Dengan menerapkan solusi yang didukung AI, seperti pemantauan lalu lintas secara real-time dan sistem kontrol sinyal adaptif, Arab Saudi bertujuan untuk memperlancar arus kendaraan dan pejalan kaki, mengurangi kemacetan, dan memastikan pergerakan yang lebih lancar di seluruh kota. 

Kolonel Talal bin Abdulmohsen Al-Shalhoub, juru bicara keamanan Kementerian Dalam Negeri, mengatakan kepada Arab News bahwa ada beberapa aplikasi AI baru untuk musim haji ini, termasuk algoritma baru untuk kamera pengintai untuk menganalisis jumlah kendaraan di jalan-jalan kota. 

“Kami telah memasok peralatan digital canggih untuk data, kecerdasan buatan, dan teknologi mutakhir untuk membantu petugas lapangan dan memasukkan AI ke dalam sistem operasional,” kata Al-Shalhoub.

“Kami memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan pengendalian lalu lintas di Makkah dengan memanfaatkan kolaborasi antara Pertahanan Sipil dan Otoritas Data dan AI Saudi.” Kemitraan ini akan menawarkan solusi digital untuk membantu personel keamanan dalam memantau dan menganalisis data selama operasional haji. 

“Kerja sama antara otoritas-otoritas ini memungkinkan kami untuk membangun sistem teknologi canggih yang terintegrasi selama musim haji tahun ini, di mana pusat-pusat operasi dilengkapi dengan platform pintar yang dibangun dengan algoritma kecerdasan buatan nasional untuk melayani para jamaah selama mereka melaksanakan ibadah haji,” Al-Shalhoub ditambahkan. 

2. Mengeksplorasi Drone

Saleh Al-Jasser, menteri transportasi dan logistik Kerajaan, baru-baru ini mengumumkan peluncuran teknologi baru yang dirancang untuk mengatur lalu lintas selama haji tahun ini, termasuk penggunaan drone untuk inspeksi dan evaluasi jaringan jalan menggunakan pemindaian termal. 

Sementara itu, Inisiatif Kacamata Virtual merevolusi pemantauan transportasi dengan melengkapi pemantau lapangan dengan kacamata augmented reality untuk mengawasi aktivitas dan memastikan kepatuhan. 

Dengan target pengurangan waktu inspeksi sebesar 600 persen, dari 60 detik menjadi hanya 10 detik, teknologi inovatif ini diharapkan dapat mempersingkat operasional dan meningkatkan efisiensi secara signifikan. 

“Kamera, sistem cerdas, dan dasbor data canggih, seperti platform Sawaher, menawarkan layanan canggih untuk mengidentifikasi dan menganalisis arus kendaraan dan jamaah, serta untuk mendeteksi pelanggaran di berbagai area,” kata Al-Shalhoub. 

Dengan meningkatkan kualitas pemantauan dan mengurangi kemacetan, inisiatif ini memberikan pengalaman transportasi yang lebih lancar bagi penumpang. Inisiatif ini saat ini sedang diuji pada 100 armada bus untuk menilai efektivitasnya. 

Kementerian Kesehatan juga akan menggunakan drone untuk mengangkut sampel darah dan laboratorium dengan cepat dan efisien antar rumah sakit di sekitar tempat suci untuk membantu mengurangi waktu tunggu transfusi dan hasil tes. Dibandingkan dengan sistem pengiriman darah yang ada saat ini, drone akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengangkut darah dari rata-rata dua setengah jam menjadi hanya dua menit. 

3. Konektivitas Teknologi Canggih 

Transportasi Umum juga telah meluncurkan inisiatif “Enseeyab”, yang pertama kali diperkenalkan pada musim haji 2023, menggunakan drone yang terhubung ke program AI untuk mengukur pergerakan jamaah ke tempat-tempat suci secara real-time dengan bus. 

Otoritas tersebut bertujuan untuk menyediakan sarana perjalanan yang aman menggunakan teknologi baru, termasuk AI, untuk mengukur efektivitasnya. Teknologi ini akan memastikan jamaah dapat melakukan ritual dengan nyaman dan mudah.

Cara lain yang dilakukan pihak berwenang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas selama haji adalah melalui opsi mobilitas mikro, seperti skuter listrik, yang akan tersedia di tempat-tempat suci untuk memfasilitasi pergerakan. Dengan menyediakan jalur khusus untuk skuter listrik ini, para perencana haji dapat melakukan perjalanan dengan lebih efisien dan mengurangi kemacetan secara keseluruhan di daerah dengan lalu lintas tinggi. 

4. Kendaraan Listrik 

Beberapa rute utama yang dapat memanfaatkan penggunaan skuter listrik antara lain Rute No.1 dari perbatasan Arafat hingga Muzdalifah yang panjangnya 4.000 meter, dan jembatan jalan pejalan kaki sepanjang 1.200 m yang masuk dan keluar Jamarat. 

Solusi berbasis teknologi mencerminkan komitmen negara untuk menggunakan inovasi guna mengoptimalkan pengalaman haji bagi seluruh peserta. Melalui integrasi AI ke dalam sistem manajemen lalu lintas, Arab Saudi dapat beradaptasi terhadap perubahan kondisi dan mengatasi masalah dengan cepat. Sikap proaktif ini membantu mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi jaringan transportasi selama haji secara keseluruhan.

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved