Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Sempat Tembus 300 Mbps, Starlink Turunkan Kecepatan Internet di Indonesia Jadi 159 Mbps


Moslemtoday.com :
Layanan internet via satelit milik Elon Musk, Starlink, resmi masuk Indonesia pada Mei lalu. Di Indonesia, perangkat Starlink dibanderol dengan harga Rp 7,8 juta dengan biaya langganan paling murah Rp 750.000 per bulan untuk paket Residensial. 

Saat pertama kali hadir di Indonesia, Starlink menjadi buah bibir di jagat maya. Sejumlah pengguna yang mengulas Starlink di Indonesia, mengatakan bahwa kecepatan download Starlink tembus hingga 300 Mbps. 

Namun, kini ramai dibicarakan bahwa kecepatan Starlink, khususnya paket Residensial Rp 750.000 per bulan, dibatasi menjadi maksimal 159 Mbps. Angka ini sekitar setengah dari kecepatan tertinggi yang didapat konsumen saat Starlink pertama kali masuk Indonesia. 

Kabar ini ramai dibicarakan di dunia maya. Sejumlah posting di media sosial Facebook dan forum Reddit,  menampilkan pengumuman di halaman depan situs Starlink Indonesia. 

Lihat Foto Halaman Starlink yang menunjukkan bahwa kecepatan internetnya di Indonesia dibatasi menjadi 159 Mbps.(Facebook) 

Situs tersebut menampilkan harga perangkat dan langganan Starlink. Di bawahnya, terdapat tulisan "Kecepatan di Indonesia hingga 159 Mbps", yang artinya kecepatan tersebut tidak melebihi 300 Mbps seperti yang disebutkan sebelumnya. 

Pada Rabu (26/6/2024) siang sekitar pukul 11.00 WIB, KompasTekno mengunjungi halaman https://www.starlink.com/id/residential dan tidak menemukan pengumuman mengenai kecepatan internet Starlink tersebut. 

Namun, berdasarkan penelusuran melalui halaman arsip web, pengumuman tersebut memang tampil di halaman utama Starlink pada Senin (24/6/2024). Halaman tersebut menampilkan pengumuman yang menyatakan bahwa kecepatan Starlink di Indonesia yakni hingga 159 Mbps seperti pada gambar di bawah ini. 

Lihat Foto Arsip dari web archive menunjukkan bahwa halaman situs Starlink sempat menunjukkan bahwa kecepatan internet Starlink akan dibatasi menjadi 159 Mbps. (KOMPAS.com/Yudha Pratomo) Pengujian kecepatan Starlink

Sepengalaman KompasTekno menggunakan internet Starlink Residensial, kecepatan internet Starlink yang kami gunakan tidak pernah mencapai 159 Mbps. Kami menguji coba kecepatan internet Starlink di daerah Parung Panjang Kabupaten Bogor dan Serua Indah, 6T Tangerang Selatan. 

Kecepatan download Starlink paling tinggi di Parung Panjang adalah 85 Mbps, sedangkan paling rendah di angka 26,6 Mbps. Dari tujuh kali percobaan, rata-rata kecepatan internet yang diperoleh adalah 59,72 Mbps.

Sumber : Kompas Tekno

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved