Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

4 Alasan Israel Mengalami Kekalahan di Perang Gaza


Moslemtoday.com : GAZA - Meskipun Israel telah memberikan harapan kepada dunia dengan mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka akan mempertimbangkan rancangan terbaru proposal gencatan senjata yang diajukan oleh Hamas, situasi saat ini di Gaza mungkin masih jauh dari solusi.

Namun, di sisi lain, Israel berbicara pada hari-hari sebelum tanggapan Hamas mengenai “fase selanjutnya” yang dilaporkan sebagai konflik dengan intensitas lebih rendah, namun akan membuat tentara Israel tetap berada di lapangan dan memprioritaskan kelanjutan pertempuran dibandingkan pembebasan. tawanan Israel yang tersisa.

Pemerintah Israel sejauh ini bersikeras bahwa pertempuran tidak akan berakhir sampai Hamas “dikalahkan sepenuhnya” tetapi dengan munculnya kembali para pejuang kelompok tersebut dan faksi Palestina lainnya di wilayah Gaza di mana Israel telah menyatakan mereka dikalahkan, jelas bahwa hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

4 Alasan Israel Mengalami Kekalahan pada Perang Gaza

1. Kegagalan Israel Menguasai Gaza

Artinya, kehadiran Israel di Gaza tampaknya belum berakhir secara pasti.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memiliki “insentif untuk meneruskan hal ini selama mungkin”, kata Omar Rahman, anggota Dewan Urusan Global Timur Tengah, kepada Al Jazeera.

Analis lain setuju.

“Genosida yang sedang berlangsung, penghancuran Gaza, kelaparan warga Palestina dan kehancuran mata pencaharian, dikombinasikan dengan pertimbangan strategis dan keamanan Israel, mengarah pada pendudukan kembali Jalur Gaza dengan tujuan mengusir warga Palestina dari tanah mereka,” kata Ihab Maharmeh dari Doha Institute.

Pada bulan-bulan sebelum serangan darat Israel di Rafah, tempat lebih dari satu juta pengungsi Palestina berlindung, tekanan politik telah menumpuk terhadap Netanyahu dan pemerintahannya melalui protes global, termasuk yang banyak terjadi di kampus-kampus di seluruh Amerika.

2. Tidak Mendapatkan Bantuan Senjata dari AS

Pada tanggal 9 Mei, Presiden AS Joe Biden bahkan mengatakan bahwa dia akan menahan pengiriman bom ke Israel jika Israel menyerbu Rafah.

Namun operasi Israel di Rafah – yang digambarkan sebagai serangan terbatas – berjalan lancar tanpa adanya penolakan dari pemerintahan Biden ketika tentara Israel menguasai seluruh Koridor Philadelphi yang memisahkan Gaza dan Mesir. Pembicaraan gencatan senjata terhenti, dan jumlah jajak pendapat dalam negeri Netanyahu membaik.

Dan dengan kemampuan manuver yang lebih baik, pemerintahan Netanyahu kini mungkin berupaya mencapai tujuan yang berbeda.

“Banyak dari kita yang menganggap tujuan nyata [Israel] adalah kehadiran dan pengambilalihan [Gaza] Israel tanpa akhir dan likuidasi kehadiran Palestina di sana,” kata Rahman.

Tujuan Israel adalah “membersihkan sebanyak mungkin warga Palestina dari Gaza secara etnis. Israel telah belajar bahwa perlawanan Palestina tidak berasal dari pemerintahan mereka atau dari identitas dan orientasi kelompok yang berkuasa, melainkan dari keberadaan masyarakat Palestina secara demografis yang bersatu”, kata Hani Awad dari Doha Institute.

3. Perpecahan Politik di Israel

Sementara kelompok sayap kanan, termasuk di pemerintahan, telah mendorong pengambilalihan penuh dan penyelesaian Gaza, Netanyahu bersikeras bahwa itu bukanlah pendiriannya.

Namun, dengan secara paksa membersihkan “zona penyangga” di sepanjang pinggiran Gaza dan di sepanjang koridor yang menembus jantung wilayahnya, Israel berupaya mengubah realitas daerah kantong tersebut.

“Analisis saya sejak lama adalah bahwa tujuan utama Israel adalah Tepi Barat di Gaza [dan untuk mengelola] situasi keamanan dan militer dan bukan pada masalah sipil,” kata Eyal Lurie-Pardes dari Middle East Institute kepada Al Jazeera.

“Gagasan di balik ‘fase ketiga’ adalah bahwa Israel tidak memerlukan seluruh brigade di dalam kota. Anggap saja sebagai Tepi Barat. Mereka ditempatkan di luar pusat populasi tetapi selalu mempunyai kemampuan untuk melakukan serangan kecil atau [meluncurkan] operasi.”

3. Ditekan Komunitas Internasional

Melansir Al Jazeera, Netanyahu telah menyatakan dengan jelas penolakannya terhadap pembentukan negara Palestina. Namun usulan alternatifnya juga belum mendapat banyak persetujuan dari komunitas internasional.

Dalam beberapa bulan terakhir, Netanyahu melontarkan berbagai skenario setelah perang Gaza, termasuk meminta negara-negara Arab – yaitu Mesir, Yordania, dan Uni Emirat Arab – membantu membangun kembali dan mengelola wilayah kantong tersebut.

UEA “menolak untuk terlibat dalam rencana apa pun yang bertujuan untuk menutupi kehadiran Israel di Jalur Gaza”, Menteri Luar Negeri UEA Abdullah bin Zayed mentweet pada bulan Mei. Dia juga mengatakan UEA tidak bersedia “berpartisipasi dalam pemerintahan sipil di Jalur Gaza, yang berada di bawah pendudukan Israel”.

Namun bahkan jika Netanyahu menyerah pada kebencian internal yang sudah lama membara terhadapnya, tidak ada jaminan akan adanya perubahan dalam kebijakan negara Israel.

“Sikap ini tidak terbatas pada koalisi Netanyahu tetapi mewakili posisi seluruh pihak Israel, khususnya tentara,” kata Awad.

Para analis mengatakan ambisi Netanyahu tercermin dalam arus utama politik Israel, termasuk penantang politik utamanya, Benny Gantz, dan menteri pertahanannya, Yoav Gallant, yang baru-baru ini bertemu dengan para pejabat AS selama kunjungan ke Washington.

“Bahkan jika pemerintahan Netanyahu hilang dan digantikan, Israel menghadapi dilema bahwa Israel tidak dapat melepaskan diri secara militer dari Jalur Gaza karena keengganan atau ketidakmampuannya untuk bergulat dengan konteks politik Palestina,” kata Rahman.

Israel dan komunitas internasional tidak ingin “menyerahkan pemerintahan atau kendali kembali kepada Hamas, namun pada saat yang sama mengapa negara-negara Arab dan komunitas internasional harus membangun kembali, memerintah dan mengawasi [Gaza] atas nama Israel setelah apa yang mereka lakukan dan tanpa jangka waktu yang lama. -istilah resolusi politik?”

4. Memilih Perang Melawan Hizbullah

Media Israel baru-baru ini mengumumkan bahwa militer sedang memindahkan pasukan menuju perbatasan dengan Lebanon untuk mengantisipasi perluasan perang di sana.

Namun belum ada tanda-tanda penarikan total militer, sesuatu yang mungkin memerlukan peristiwa luar biasa.

“Upaya militer Israel bertujuan untuk menjadikan pangkalan-pangkalan ini permanen, yang menyiratkan bahwa perang akan terus berlanjut sampai Israel dikalahkan secara militer atau dipaksa oleh AS untuk mundur,” kata Awad.

“Kemungkinan skenario mana pun tidak pasti dan sangat bergantung pada hasil pemilu AS dan kesediaan presiden Amerika berikutnya untuk mengambil tindakan.”

Jika tidak ada perubahan dramatis dalam kebijakan AS atau kekalahan telak yang tidak terduga di Gaza, kehadiran militer Israel di Gaza akan terus berlanjut. Perang belum terlihat akan berakhir.

“Israel tidak punya rencana lain,” kata Rahman.

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved