Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Profil Eman Sulaeman, Hakim PN Bandung yang Kabulkan Praperadilan Pegi Setiawan

Moslemtoday.com : Sosok Eman Sulaeman, Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat tiba-tiba menjadi sorotan publik setelah mengabulkan gugatan praperadilan atas penetapan tersangka Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky. Sidang praperadilan yang digelar pada Senin 8 Juli 2024 itu dipimpin oleh Hakim Tunggal, Eman Sulaeman.

"Mengadili, satu mengabulkan permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Tunggal, Eman Sulaeman saat membacakan putusan praperadilan di Pengadilan Bandung, Jawa Barat, Senin (8/7/2024).

Dalam putusannya, Hakim menyatakan bahwa proses penetapan tersangka terhadap Pegi Setiawan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat tidak sah dan batal demi hukum.

"Dua, menyatakan proses penetapan tersangka kepada pemohon berdasarkan surat ketetapan nomer SK/90/V/RES124/2024/DITRESKRIMUM tanggal 21 Mei 2024 Atas nama Pegi Setiawan beserta surat yang berkaitan lainnya dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum," sambungnya.

Hakim juga menyatakan tidak sah atas segala keputusan dan atau penetapan yang dikeluarkan lebih lanjut oleh Direskrimum Polda Jawa Barat, yang berkenaan dengan penetapan tersangka Pegi Setiawan. Tidak ketinggalan, PN Bandung memerintahkan Polda Jawa Barat untuk menghentikan penyidikan atas berita penyidikan Pegi.

Dikutip dari laman resmi Pengadilan Negeri Bandung, pn-bandung.go.id, Eman Sulaeman diketahui merupakan salah satu hakim Pengadilan Negeri Bandung Kelas 1A Khusus.

Eman Sulaeman diketahui bertugas di PN Bandung sejak 2021 lalu dan berpangkat Pembina Tingkat I IV/b. Ia lahir di Karawang, Jawa Barat pada 10 April 1975.

Eman Sulaeman diketahui merupakan lulusan pendidikan S1 di jurusan Ilmu Hukum, Universitas Pasundan pada 1999. Sebelum bertugas di PN Bandung, Eman pernah menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dan Ketua Pengadilan Negeri Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). ***


Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved