Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Sosialisasi Moderasi Beragama di Pariaman


Pariaman, Humas_Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman gerak cepat melakukan sosialisasi Moderasi Beragama di Kota Pariaman, Kamis (15/08/2024).

Kakankemenag Kota Pariaman H. Rinalfi didampingi Kasi Bimas Islam, H. Syaiful Azhar langsung turun gunung memberikan Sosialisasi Moderasi Beragama sebagai upaya memahami kemajemukan di Indonesia.

H. Rinalfi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Moderasi Beragama termasuk dalam Program Prioritas Kementerian Agama.

"Untuk Kota Pariaman Telah ditetapkan dua Desa sebagai Kampung Moderasi Beragama, yakninya Desa Bungo Tanjuang di Kecamatan Pariaman Timur dan Desa Cimparuh di Kecamatan Pariaman Tengah," ujarnya.

"Dua Desa dijadikan sebagai percontohan di Kota Pariaman, dengan harapan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat," ulasnya.

"Setidaknya ada empat indikator Moderasi Beragama yang harus diketahui, yakninya Komitmen Kebangsaan, Anti Kekerasan, Toleransi dan penerimaan terhadap tradisi lokal," jelasnya.

Setelah dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kota Pariaman, dilanjutkan dengan pembinaan oleh Ketua FKUB Kota Pariaman H. Maswar.

Dalam paparannya Ketua FKUB menjelaskan bahwa Moderasi Beragama adalah cara beragama yang moderat (tidak ekstrim kanan atau kiri).

"Dengan Moderasi Beragama seseorang tidak akan ekstrim dan tidak berlebih-lebihan dalam menjalankan ajaran agamanya," jelasnya.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kankemenag Kota Pariaman H. Syaiful Azhar menambahkan bahwa kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama ini dihadiri oleh 50 orang peserta, terdiri dari Penyuluh Agama, Perangkat Desa dan Perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Pariaman. (Adi)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved