Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Menunggu 5 Tahun, MTQ Kecamatan Pariaman Tengah Kembali Digelar

 


Pariaman, Humas_Mushabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-IX Tingkat Kecamatan Pariaman Tengah resmi dibuka Penjabat (Pj) Walikota, diwakili Pj. Sekretaris Daerah Kota (Setdako) Yaminurizal, Jum’at (20/09/2024).

Hadir dalam pembukaan ini Ketua DPRD Kota Pariaman, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kakan Kemenag beserta jajarannya, OPD, Camat, Kepala KUA, beserta Penyuluh Agama Islam se-Kecamatan Pariaman Tengah, Kepala Madrasah/Sekolah, pimpinan Ormas Islam, Bundo Kanduang, Kepala Desa/Lurah, serta Khafilah yang akan bermusabaqah didampingi official dan pelatih.

Terlihat pula hadir lengkap seluruh panitia dan Dewan Hakim yang didaulat sebagai juri dalam pelaksanaan MTQ ini.

Ketua panitia, Raswan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Camat, Kecamatan Pariaman Tengah dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ kali ini pembiayaannya murni dari swadaya masyarakat, yang ada di kampung dan di rantau. "Adapun peserta yang ikut dalam MTQ ke-IX ini berjumlah sekitar 400 orang dari perwakilan 22 Desa / Lurah yang ada di Kecamatan Pariaman Tengah," ujarnya.

"Memperlombakan 3 Cabang, yakninya Tilawah, Tartil dan Tahfizh Al-Qur'an," ulasnya.

Lebih lanjut Raswan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya, baik moril maupun materiil, sehingga MTQ ke-IX ini terselenggara.

Raswan juga menyampaikan bahwa disamping bermushabaqah, pelaksanaan MTQ ini juga untuk sarana menjalin Ukhuwah Islamiyyah antar Desa/Lurah se-Kecamatan Pariaman Tengah. "Sebagai upaya mencari bibit-bibit unggul Khafilah Tingkat Kecamatan Pariaman Tengah, serta untuk mewakili Kecamatan nantinya dalam MTQ Tingkat Kota Pariaman," pungkasnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Pariaman, diwakili Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam, Syaiful Azhar memberikan apresiasi dan acungan jempol kepada Kecamatan Pariaman Tengah.

"Alhamdulillah, berhasil digelarnya Mushabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-IX ini, walaupun tanpa adanya anggaran dari Pemerintah Daerah Kota Pariaman. Ini adalah usaha nyata dan bermakna, terselenggaranya kegiatan besar, untuk membentuk generasi Qurani," ulasnya.

 

Syaiful Azhar juga melaporkan bahwa pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional yang baru saja dilaksanakan di Samarinda, Kalimantan Timur berjalan sukses, aman dan lancar.

"Dari 4 orang utusan Sumbar yang melaju ke babak final, 3 orang diantaranya berasal  dari Kota Pariaman, yaitu Cabang Tahfizh 30 Juz Putri, Tartil Dasar Putra dan Tafsir Bahasa Inggris Putra. Ini membuktikan bahwa Khafilah Kota Pariaman memang layak diperhitungkan, serta perlu diperjuangkan," jelas Syaiful penuh bangga.

“Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Tahun 2025 mendatang, akan dilaksanakan di Kota Bukittinggi. Mari tingkatkan pembinaan Qori dan Qori’ah kita, semoga Kota Pariaman mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasinya,” harap Syaiful Azhar.

Hal senada juga disampaikan oleh Pj Sekdako, Yaminurizal mewakili Pj Walikota Pariaman. “Pelaksanaan MTQ sempat terhenti beberapa tahun belakang akibat Covid-19, serta kondisi Kota Pariaman yang devisit anggaran," ujarnya.

"Namun kali ini dengan semangat kebersamaan, Kecamatan Pariaman Tengah melaksanakan MTQ ke-IX ini, dananya murni dari swadaya masyarakat. Salut dan apresiasi untuk Kecamatan Pariaman Tengah,” sambungnya, yang diiringi sorak sorai dan tepuk tangan undangan yang hadir.

Yaminurizal berpesan kepada khafilah agar bermushabaqahlah dengan penuh semangat, serta tampilkan performance terbaik.

“Kepada Dewan Hakim agar kiranya memberikan penilaian objektif, adil dan apa adanya, serta jangan karena ada apanya. Karena yang diperlombakan ini Al-Qur’an, tentu saja pertanggung jawabannya dunia akhirat," harapnya.

“Kedepannya, kita sepakat untuk meningkatkan pembinaan kepada Qori-Qoriah secara kontinyu dan berkelanjutan, dengan harapan putra-putri Pariaman tampil prima, mengharumkan Kota Pariaman dikancah MTQ Tingkat Provinsi maupun Nasional,” tandas Yaminurizal penuh sumringah.

Rangkaian acara pembukaan dilanjutkan dengan penyerahan piala Juara Umum, dari Desa Rawang (Juara Umum sebelumnya) kepada Pj Walikota, dilanjutkan  kepada Camat Pariaman Tengah dan Camat menyerahkan kepada panitia pelaksana.

 

Kemudian pawai ta’aruf, diikuti perwakilan Khafilah, dipandu Marching Band MTsN 1 Kota Pariaman, dilepas resmi Camat Pariaman Tengah Febriady Hariko.

Diiringi Mars MTQ, dibawakan Siswa MTsN 1 Kota Pariaman, memukau undangan yang hadir.

Ditempat terpisah Kakankemenag Kota Pariaman H. Rinalfi didampingi Kepala KUA Kecamatan Pariaman Tengah, Aldi Arman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. "Semoga kegiatan berjalan lancar, sukses dari awal hingga akhir, segala jerih payah rekan-rekan semua, hendaknya memperberat amalan kebaikan nantinya di Yaumil Akhir," harapnya. (Rita/Adi)







Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved