Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Peringatan Hari Santri 2024 di Pariaman

 


Pariaman, Humas_Walikota Pariaman diwakili Asisten II, Elfis Chandra bertindak sebagai Inspektur Apel Peringatan Hari Santri 2024 di Pariaman, Selasa (22/10/2024).

 

Dilaksanakan di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman dihadiri seluruh unsur terkait.

 

Dalam sambutannya, Inspektur Apel Hari Santri membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia.

 

Hari Santri yang kita peringati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi kita semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.

 

Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari.

 

Dalam fatwa “Resolusi Jihad” itu Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa “...berperang menolak dan melawan penjajah itu fardhu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.”

 

"Santri masa kini harus menyambung juang untuk merengkuh masa depan," ujarnya.

 

"Semoga Allah memberikan akal yang jernih dan hati yang lapang untuk seluruh Santri di seluruh Indonesia," ulasnya.

 

Selepas Apel Hari Santri, dilanjutkan dengan memberikan hadiah dan piagam penghargaan kepada seluruh Ponpes dan Santri yang berprestasi dalam menyemarakkan peringatan Hari Santri 2024 di Kota Pariaman.

 

Kakankemenag Kota Pariaman H. Rinalfi didampingi Kasubbag TU, beserta unsur pejabat lainnya, JFT dan JFU mengucapkan apresiasi atas suksesnya peringatan Hari Santri di Pariaman.


"Terimakasih kepada semua pihak, undangan dan hadirin yang berbahagia. Alhamdulillah, peringatan Hari Santri 2024 di Pariaman berlangsung sukses dan meriah. Bahkan bertabur prestasi dari Santri Pondok Pesantren," ujarnya. (Adi/Meri)








 

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved